Jobseeker Part IV: Sekali Lagi Psikotes

Rabu, 14 Mei 2014

Seperti yang sudah saya tulis pada bagian ketiga, saya mendapat panggilan dari PT. Paragon Technologi and Innovation (Wardah) untuk mengikuti Tes Tahap I. Ya, tes awal di PTI bukanlah psikotes lengkap, karena apabila dilihat di jadwal yang ditempel di papan pengumuman GSP, jeda antar tes hanyalah 2 jam. Dan saya kebagian yang jam 10.00 WIB.

Pagi itu saya datang ke MAP UGM, saat itu di ruangan masih ada peserta tes sesi sebelumnya. Sempat mengintip, mereka serius mengerjakan apa yang ada di hadapan mereka, yang ternyata adalah tes pauli. Ya, tes yang kemarin (Selasa, 13 Mei 2014-red) saya ikuti juga. Terbayang bagaimana capeknya mengerjakan tes itu.

Pukul 10.00 lewat, kami para peserta tes sesi 2 dipanggil untuk memasuki ruangan setelah peserta tes sesi 1 semuanya keluar. Kami langsung duduk di sembarang tempat yang kosong. Seperti yang sudah-sudah, awalnya PTI memperkenalkan perusahaannya kepada para jobseeker yang akan mengikuti tes. Sesi perkenalan selesai dan langsung dibagikan buku soal dan lembar jawab. Tes pertama ini seperti psikotes yang terdiri dari 4 bagian, yang sebagian besar merupakan pola gambar. Dalam buku soal itu ada contoh terlebih dahulu, selanjutnya ada soal di lembar berikutnya. Pada tes ini, kami hanya boleh mengerjakan soal pada bagian yang dimaksud, tidak diperkenankan mengerjakan soal bagian lain. Jadi soal bagian pertama diberikan waktu berapa menit, setelah selesai harus menuju bagian kedua, begitu juga seterusnya. Setelah tes pertama ini selesai, buku soal dan lembar jawaban dikumpulkan.

Berikutnya kami diberikan kertas lebar yang berisi angka-angka. Ya, tes pauli. Dua hari berturut-turut saya harus mengerjakan tes ini. Seharusnya saya bisa belajar dari hari kemarin. Tetapi saat mengerjakan masih sama, sulit untuk berkonsentrasi, masih merasa terganggu dengan bunyi-bunyian meja, dan memperhatikan teman di sebelah. Hasilnya memang tidak maksimal, tetapi saya rasa ini lebih baik dari kemarin.

Ya, apapun hasilnya tes hari ini selesai. Kata tim rekrutmen hasil langsung diumumkan sore ini. Oiya, saat tes ini, kami diminta mencantumkan pilihan pada lembar jawab kami, yang terdiri dari pilihan layer 1 dan layer 2.

Sore harinya saya diberitahu teman saya kalau saya lolos tes, tetapi untuk posisi layer 2. Posisi ini merupakan posisi staf. Saya menduga bahwa ini karena tes pauli saya. Saya bersyukur setidaknya saya bisa merasakan lolos tes untuk pertamakali.

Tak lama kemudian saya mendapat sms dari pihak PTI yang menyatakan saya lolos tahap selanjutnya dan akan mengikuti psikotes lengkap pada Kamis, 15 Mei 2014 pukul 12.30 WIB di Ruang Sidomukti Wisma MM UGM dan disuruh membawa pensil HB, 2B, serta bolpoin.
0 Responses