Heboh Soal Matematika SD Hongkong

Baru saja buka di internet ternyata benar sedang heboh soal Matematika SD Hongkong. Soal yang dimaksud seperti gambar berikut.


Jujur saya lihat soal itu baru kemarin di kantor. Ada teman yang tiba-tiba memanggil saya dan menunjukkan soal tersebut. Ketika melihat soal awalnya syok juga. Yakin ini soal SD yang katanya harus dijawab dalam waktu 20 detik. Anak SD di Hongkong luar biasa cerdasnya berarti sudah mendapat materi barisan serumit ini.

Ya, saat itu saya mencoba mencari jawaban dengan melakukan hitung-hitungan tanpa menulis. Sempat terpikir di kiri mengandung angka 6 sedangkan di kanan mengandung angka 8, tapi kalau dipikir lagi kok 6 hanya ada 3 sedangkan 8 ada 4. 

Lalu saya berpikir lagi, di ujung kiri berkurang 10, apa mungkin di ujung kanan bertambah 10, jadi angka yang tertutup adalah angka 88, tetapi angka 88 sudah ada. Mungkin bukan bertambah tetapi berkurang jadi angka yg tertutup adalah 108, tapi yang lain hanya 2 digit. 

Saat itu saya tidak berpikir untuk mencari rumus barisan itu, ini kan hanya main-main dengan teman kantor, jadi tidak perlu terlalu serius. Nah hampir saya bilang, saya tidak tahu, saya menyerah tapi tiba-tiba merasakan ada yang janggal dengan soal itu. Benar saja, saya berdiri dan mencoba memutar kepala saya, nah ternyata terlihat bahwa itu angka terbalik, jadi jawabannya 87. Ya saat itu teman aya membenarkan.

Sebenarnya kalau dilihat bahwa ini soal untuk anak SD, kita tidak perlu berpikir terlalu jauh. Anak SD mungkin sedang belajar urutan bilangan, jadi ini soal yang relevan. Hanya saja menampilkan soalnya dengan cara yang berbeda. Jadi tak selamanya soal yang terlihat rumit itu memiliki penyelesaian yang rumit pula, tetapi malah justru sederhana.
0 Responses