Jobseeker Part I: Iseng Sembari Menunggu Wisuda

Ketika ditanya berapa lama saya menjadi jobseeker, saya bakal bingung menjawabnya. Ya, karena saya mulai menjadi jobseeker sebelum saya wisuda. Jadi cerita ini dimulai dari sidang skripsi yang terselenggara pada bulan April, sebenernya berusaha buat ngejar wisuda Mei, tapi apa daya, yudisium untuk wisuda Mei tinggal beberapa hari yang tidak memungkinkan saya untuk menyelesaikan revisi karena dosen penguji meminta minggu berikutnya saja revisi.

Karena Mei sudah tidak terkejar, saya sepertinya bersantai-santai dalam revisi, hingga akhirnya saya menyelesaikan revisi selama 3 minggu dari 1 bulan jatah revisi. Setelah selesai revisi, ternyata tanggal 10-11 Mei 2014 ada Career Days Universitas Gadjah Mada, ya ini jobfair pertama saya. Iseng saja untuk tahu seperti apa mencari kerja itu. Oh iya, saya menunda mengurus berkas yudisium saya karena merasa sibuk dengan status jobseeker ini.

Berhubung CD UGM ini berlangsung dua hari, hari pertama saya gunakan untuk survei. Saya meminta brosur beberapa perusahaan yang tertulis membutuhkan lulusan Matematika atau Semua Jurusan. Oke, saya membawa pulang cukup banyak brosur saat itu. Ketika sampai di rumah, saya pilah-pilah mana yang kira-kira menarik. Selanjutnya saya mencetak CV beserta surat lamaran untuk perusahaan-perusahaan tersebut, dan tidak lupa pas foto.

Hari kedua CD UGM tiba, datang ke Graha Saba Permana UGM ternyata kepagian dan harus menunggu sekitar satu jam. Ketika pintu GSP tempat penyelenggaraan CD dibuka, para jobseeker berbondong-bondong masuk dan termasuk saya. Mulailah saya mencari stand-stand perusahaan yang akan saya daftari. Cukup susah juga mencari kembali stand-stand tersebut, secara begitu banyak orang di dalam ruangan dan acara dilaksanakan di dua lantai. Setelah berkeliling hampir setengah hari, lamaran sudah tersebar ke beberapa perusahaan. Saatnya bersantai, karena pada saat itu ada hiburan di stand Kompas Gramedia.

Sekitar setengah 2, di saat masih menikmati hiburan di stand Kompas, handphone bergetar, dan panggilan pertama dari PT. Global Digital Niaga (blibli.com) yang intinya diundang mengikuti psikotes pada Rabu, 14 Mei 2014 jam 08.00 di Gedung Pertamina Tower FEB UGM. Wohhh cepat sekali responnya, baru tadi pagi mengirim lamaran dan saya malah belum pulang. Tapi sayang, karena bentrok dengan jadwal tes lain, saya tidak bisa mengikuti tes ini, ya saya harus memilih. Dan setelah itu, ketika saya daftar di perusahaan ini, sudah tidak pernah dipangging, mungkin karena saya sudah terlanjur konfirmasi hadir tapi tidak bisa datang dan tidak memberi kabar lagi. Sedikit menyesal tidak sempat merasakan tes di perusahaan ini.

Oh iya, sebelumnya sempat dijanjikan sama Bank Mandiri kalau ada pengumuman peserta walk-in interview setelah istirahat siang. Dilihat di papan sebelah barat GSP, dan ada nama saya yang mendapat jadwal Senin, 12 Mei 2014 jam 08.00 di Bank Mandiri Jalan Jendral Sudirman. Oke berarti tidak ada tes hari ini, saatnya pulang.
0 Responses