Install dan Update Aplikasi SAS

Aplikasi Sistem Aplikasi Satuan Kerja (SAS) merupakan aplikasi yang diciptakan oleh Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan (SITP), Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan untuk Satuan Kerja lingkup Kementerian/Lembaga dalam melaksanakan pertanggungjawabaan keuangan Negara. Aplikasi ini terdiri dari beberapa modul yaitu:
  1. Modul Admin
  2. Modul PPSPM
  3. Modul PPK
  4. Modul Bendahara
Pada kesempatan kali ini akan disampaikan bagaimana langkah-langkah melakukan install dan update Aplikasi SAS. Untuk melakukan install Aplikasi SAS 2020 diperlukan dua file, yaitu:
  1. Install_Aplikasi_SAS2020_v20.0.0.exe dan
  2. Install_Database_SAS2020_v20.0.0.exe.
Langkah-langkah install Aplikasi SAS 2020 adalah sebagai berikut:
  • Klik kanan pada file Install_Aplikasi_SAS2020_v20.0.0.exe, pilih Run as Administrator. 
Kesalahan yang sering dilakukan oleh user adalah menginstall dengan cara klik dua kali pada file Install_Aplikasi_SAS2020_v20.0.0.exe atau Install_Database_SAS2020_v20.0.0.exe. Hal ini akan mengakibatkan muncul permasalahan tidak terkoneksi dengan database. 
  • Klik Lanjut, kemudian Instal sampai proses selesai.

  • Jika pada laptop atau PC sudah terdapat Aplikasi SAS tahun sebelumnya, hilangkan centang pada Jalankan Install ODBC MySQL. Kemudian klik Selesai. Namun jika pada laptop atau PC tidak ada Aplikasi SAS sebelumnya, biarkan tetap tercentang Jalankan Install ODBC MySQL. Kemudian klik Selesai. 
  • Pada MySQL Connector/ODBC 5.1-Setup Wizard klik Next. Lalu pilih Typical dan klik Next. 

  • Selanjutnya lakukan install dengan melakukan klik Install. 
  • Proses instalasi telah selesai, lalu klik Finish. 
  • Langkah berikutnya adalah menginstal database. Klik kanan pada file Install_Database_SAS2020_v20.0.0.exe pilih Run as Administrator. 

  • Klik Instal sampai dengan proses selesai. 

  • Proses Instalasi telah selesai. Pada dekstop akan muncul icon Aplikasi SAS 2020.
  • Klik dua kali pada icon tersebut. Login menggunakan user: admin dan password: admin. Kosongkan Server IP. 
  • Jika instalasi berhasil, aplikasi akan berjalan dengan baik seperti tampilan di bawah ini. 

Setelah berhasil melakukan install Aplikasi SAS 2020, perlu dilakukan update Aplikasi SAS dengan update versi paling terakhir. Saat ini, update Aplikasi SAS sampai dengan versi Update_SAS_20.0.6.exe. Langkah-langkah update aplikasi SAS adalah sebagai berikut: 
  • Klik kanan pada file Update_SAS_20.0.6.exe, pilih Run as Administrator. 
  • Kemudian klik Lanjut, lalu klik Install sampai proses selesai. Centang pada Jalankan Update Referensi. Kemudian klik Selesai. 


  • Login menggunakan user: admin dan password: admin. 
  • Klik Update sampai proses selesai. Setelah selesai klik OK, lalu Keluar. 


Lakukan update apabila terdapat versi yang lebih baru dengan cara yang sama dan gunakan user: admin dan password: admin, atau user lainnya yang sudah terdaftar dalam database.

Pada saat menjalankan Aplikasi SAS yang telah terinstall, terkadang muncul kotak dialog yang menyatakan bahwa tidak dapat terkoneksi dengan database seperti pada gambar berikut.
Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa permasalahan ini muncul dikarenakan kesalahan pada saat melakukan install Aplikasi SAS yang seharusnya dengan klik kanan pada file installer lalu pilih Run as Administrator tetapi yang dilakukan adalah klik dua kali pada file installer. Apabila terjadi hal ini, penyelesaian yang dapat dilakukan adalah menginstall ulang sesuai dengan langkah yang benar atau menjalankan service databasenya dengan cara klik kanan pada file C:\DBSAS20\mysql-install.bat lalu pilih Run as Administrator.
Selain itu, permasalahan yang kadang terjadi adalah pada saat menjalankan Aplikasi SAS muncul kotak dialog yang berbunyi object File C:\aplikasisas2020\sas_20.exe was compiled in a different version of foxpro, seperti tampilan di bawah ini perlu dipastikan bahwa spesifikasi dari Windows adalah 64-bit.
Disamping itu, ada kemungkinan nama aplikasi yang dijalankan pada C:\AplikasiSAS2020 berspasi seperti SAS – Copy.exe, sehingga perlu direname dengan nama tanpa spasi.


0 Responses