Pantai Gunungkidul

Ada yang tidak tahu Gunungkidul? Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia di sebelah selatan. Hal ini mengakibatkan kabupaten ini menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak pantai sebagai objek wisata. Sampai dengan saat ini, destinasi wisata pantai baru di Kabupaten Gunungkidul masih terus bermunculan.

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang merupakan salah satu contoh pantai yang berkembang belum lama ini. Pada tepian pantai ini terdapat gubuk-gubuk yang beratapkan dedaunan kering yang berderet sepanjang pantai dan cukup dekat dengan bibir pantai seperti pada foto di atas. Pantai yang berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari ini cukup panjang dan terdapat bebatuan pada ujungnya seperti foto di bawah ini.

Pantai Sepanjang

Kedua foto di atas diambil pada 27 Desember 2014, dimana keadaan pantai sedang hujan. Selain Pantai Sepanjang, Kabupaten Gunungkidul masih punya Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti sebenarnya mempunyai nama Pantai Pulang Sawal atau yang disingkat Pantai Pulsa. Pantai ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus. Pada pantai ini terdapat gazebo-gazebo yang lebih besar daripada gubuk-gubuk di Pantai Sepanjang. Pada kedua ujung pantai ini terdapat tebing, dan salah satunya sudah terdapat anak tangga yang mempermudah pengunjung untuk menaiki tebing sehingga bisa melihat laut dari ketinggian, seperti pada foto di atas. Foto ini diambil pada 4 Juli 2016.

Pantai Krakal

Selanjutnya pantai yang sudah lama ada tetapi masih menjadi destinasi wisatawan adalah Pantai Krakal. Pantai ini terletak di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari. Pada pantai ini, wisatawan bisa melihat dan menangkap hewan-hewan laut pada bibir pantai.



Pantai Kukup

Pantai Kukup juga merupakan pantai yang sudah dikenal sejak lama. Seperti pada foto di atas, ketika berkunjung di pantai ini wisatawan dapat menaiki tebing dan menuju gazebo yang berada di atas karang yang dihubungkan oleh jembatan. Dari atas gazebo dapat dilihat pemandangan pantai sampai laut lepas.

 Pantai Kukup

Pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tangjungsari ini sudah dikelola dengan baik, walaupun dari parkiran harus berjalan cukup jauh. Pada pantai ini sudah terdapat penjual makanan hasil laut yang dapat digunakan sebagai buah tangan para wisatawan. Selain itu, terdapat juga penjual ikan hias air asin pada pantai ini.

Selain keempat pantai di atas masih banyak pantai-pantai di Kabupaten Gunungkidul yang harus dikunjungi.
1 Response
  1. maeryncahow Says:

    How to bet in Las Vegas using a VPN? - Dr.MCD
    We've tested many 원주 출장마사지 of the 평택 출장안마 safest and easiest methods to safely and 당진 출장샵 reliably bet online 강원도 출장안마 in Las Vegas 남원 출장안마 using the Real Money gambling and casino games available.