Pandangan tentang Matematika

Apa itu Matematika?
Friedrich Gauss mendefiniskan Matematika sebagai "King of Science", sedangkan Tobias Dantzig memandang Matematika adalah "The Language of Science", Hans Freudenthal mempunyai pendapat "Mathematics as human activity", dan Prof. Soehakso terkenal dengan pernyataan bahwa "Matematika itu cantik". Sedangkan J. P. Stewart mendefinisikan "Mathematics is the logical and abstract study of pattern".
Manakah yang lebih Anda sukai? Atau Anda punya pendapat lain? Tidak ada salahnya setiap orang punya pendapat tentang apa itu Matematika, karena definisi dari Matematika tidaklah tunggal. Dan para matematikawan pun mempunyai definisi masing-masing tentang Matematika, seperti beberapa pernyataan di atas.

Memang, sebagian besar orang mengatakan bahwa Matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang hal-hal yang berhubungan dengan menghitung. Sebenarnya pandangan seperti itu tidaklah salah, akan tetapi kurang tepat. Itu hanyalah sebagian kecil dari Matematika. Matematika bukan hanya sekedar berhitung seperti yang kita kenal saat SD, SMP, dan SMA. Tetapi Matematika itu lebih mengarah ke teorema-teorema yang pembuktiannya sangat mengandalkan logika. Karena itu, Matematika juga dapat dijadikan alat untuk melatih cara berpikir. Selain itu, dalam Matematika juga dituntut untuk berpikir runtut, selain berpikir logis. Untuk itu, dalam Matematika sangat dibutuhkan bahasa yang baik. Karena itulah seorang Tobias Dantzig memandang Matematika sebagai bahasa.

0 Responses