Apakah Anda Percaya Intuisi?

Intuisi adalah keyakinan yang timbul dari hati dan diri sendiri (kata hati). Sebagian besar orang tidak percaya dengan apa yang disebut dengan intuisi (hampir 70%). Bagaimana dengan Anda? Menurut Laura Day, jika mendengarkan intuisi saat mengambil suatu keputusan, maka keputusan yang diambil tersebut 90% benar atau 90% keputusan yang diambil tepat adanya. Percaya dengan intuisi dapat dikatakan sebagai percaya pada diri sendiri, dan itu lebih baik. Untuk dapat mengetahui apakah Anda percaya dengan intuisi atau tidak, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Ketika menghadapi ujian-ujian semisal ujian sekolah dan semacamnya, nilai yang lebih baik didapat pada soal:

a. Pertanyaan pilihan ganda

b. Pertanyaan esai

2. Pada saat Anda membayangkan atau menduga terjadinya sesuatu dan ternyata benar-benar terjadi, bulu kuduk Anda berdiri atau mengalami tanda-tanda fisik. Apakah Anda mengalaminya:

a. Sering sekali

b. Jarang sekali

3. Anda bisa tahu perasaan orang lain tanpa bertanya:

a. Sering

b. Jarang

4. Anda bisa menduga jalan akhir suatu cerita film atau drama tv:

a. Sering

b. Jarang

5. Saat menghadapi masalah sulit di sekolah atau di rumah, Anda biasanya:

a. Mempertimbangkan perasaan Anda

b. Mempertimbangkan pilihan yang Anda punya

6. Saat terakhir Anda terbangun dari mimpi yang sangat jelas, apa yang Anda lakukan:

a. Menuliskan bayangan-bayangan yang muncul dalam suatu catatan, lalu dipikirkan maksudnya
b. Memikirkan sebentar lalu tidur lagi
7. Ketika bertemu seseorang, kesan pertama Anda terhadap sifat orang tersebut biasanya:

a. Benar

b. Berubah (setelah kenal lama)

8. Anda memilih angka undian yang ternyata menang:

a. Pada beberapa kegiatan tertentu

b. Tidak pernah atau mungkin 1-2 kali

9. Jika pendapatmu berbeda dengan seseorang yang merupakan seorang yang lebih ahli (lebih pintar):

a. Tetap bertahan pada keyakinanmu

b. Mempertimbangkan pemikiran-pemikiran orang

10. Ketika seseorang sedang memasak dan Anda melihatnya, Anda bisa tahu (dengan cara menduga) kapan matangnya masakan tersebut:

a. Biasanya

b. Jarang

Berikan skor 5 untuk jawaban A dan 2 untuk jawaban B. Lalu hitung total skor Anda. Jika skor Anda:
32 atau kurang

Anda hanya percaya dengan fakta. Anda selalu membuat keputusan dari semua sudut dan selalu meminta pendapat dari orang lain. Karena Anda berpendirian kuat, maka Anda tidak dikuasai oleh emosi dan dorongan hati. Tetapi Anda sering melewatkan wawasan tajam dari suara batin. Cara mendengarkan suara batin:
  • Bicara dengan suara batinmu. Tanyakan apa yang harus Anda lakukan dan perhatikan secara cermat reaksi fisik Anda, apakah itu reaksi pertama perut atau perasaan tidak nyaman.
  • Percaya pada reaksi-reaksi tubuh. Mulai dari gejolak perut atau sampai berdirinya bulu roma tubuh adalah cara lain dari suara batin dalam mengirim sinyal arah atau jalan terbaik untukmu. Sakit mendadak juga bisa menjadi pertanda.
Antara 35-41
Anda menyeimbangkan instink dengan informasi. Jika terjadi sesuatu, suara batin langsung berbicara, tetapi sebelum mengambil tindakan, Anda selalu menguatkan dengan fakta-fakta. Akan tetapi, ketika fakta-fakta tersebut bertentangan dengan instink, coba ditulis karena menulis akan mengaktifkan otak yang berbeda dan mengungkapkan pemikiran, sebelum tidur bayangkan masalah yang sedang dihadapi. Alam sadar kita terus bekerja ketika kita tidur dan seringkali memunculkan jawaban yang kita perlukan saat terbangun.
44 atau lebih

Anda percaya pada intuisi. Inspirasi selalu muncul ketika diperlukan. Tetapi jangan abaikan sumber-sumber informasi yang berharga. Untuk memanfaatkan suara batin sebaik-baiknya, coba beri waktu 30 menit. Ketika mendapatkan bayangan dalam pikiran, sibukkan diri Anda dengan aktivitas lain. Misalnya jalan kaki. Lalu periksa lagi untuk mengetahui apa reaksi instink Anda masih terasa benar. Inspirasi sejati tidak akan berubah karena waktu. Lalu ciptakan rencana.
0 Responses